RPP PEWARISAN SIFAT KELAS 9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP  Taman Dewasa Jetis Yogyakarta
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Alam
Tema/Subtema
:
Pewarisan sifat
Kelas/Semester
:
IX /2
Materi pokok
:
Pewarisan sifat 
Alokasi Waktu
:
5JP (2 pertemuan)


A.      Standar Kompetensi
 2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

B.       Kompetensi Dasar
2.2Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

1.         Mendeskrpisikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen kromosom)
2.         Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediet
3.         Menentukan gamet dari genotip tertua/induk
4.         Menentukan rasio hasil persilangan-persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan

Fokus Penguatan Karakter
1.         Percaya Diri

D.      Tujuan Pembelajaran
Melalui proses pengamatan, pengumpulan informasi, diskusi dari gambar dan berbagai sumber belajar maka siswa dapat:
                      I.            Mengetahui materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat(kromosom, gen)
                   II.            Membedakan pengertian sifat genotipe dan fenotipe
                III.            Membedakan pengertian sifat resesif dan dominan


E.       Materi Ajar
1.         Materi Reguler
a.         Genetis
               Bagian tubuh yang paling berperan  terhadap pewarisan sifat dari orangtua kepada anaknya adalah faktor pembawaan sifat keturunan seperti ada sel tulang, sel darah, dan sel gamet. Substansi genetis tersebut terdapat di dalam inti sel (nukleus), yaitu pada kromosom yang mengandung gen. Gen merupakan substansi hereditas yang terdiri atas senyawa kimia tertentu, yang menentukan sifat individu.

b.        Gen sebagai substansi hereditas
Gen-gen terletak pada kromosom secara teratur dalam satu deretan secara linier dan lurus beraturan. Dengan menggunakan simbol, kromosom dapat digambarkan sebagai garis panjang vertikal dan gen-gen sebagai garis pendek yang horozontal.


c.         Kromosom sebagai pembawa sifat individu

Kromosom dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa pada sel-sel yang sedang membelah. Dalam sel yang aktif melakukan metabolisme, kromosom-kromosom memanjang dan tidak tampak.

d.        Jumlah dan tipe kromosom.
Manusia mempunyai 46 kromosom dalam setiap inti selnya, 23 kromosom berasal dari ibu dan 23 kromosom berasal dari ayah. Mamusia memulai hidpnya berasal dari sebuah sel, yaitu sel telur yang dibuahi oleh sel sperma.

e.         Struktur kromosom.
       Secara garis besar stuktur kromosom terdiri atas sentromer atau kinetokor adalah bagian dari kromosom tempat melekatnya benang-benang spidel yang berperan menggerakan kromosom selama proses pembelahan sel. Lengan atau badan kromosom adalah bagian kromosom yang menganung kromonema(pita berbentuk spiral dalam kromosom) dan gen. Selubung pembungkus kromonema disebut matriks.


2.         Hereditas menurut mendel.
Untuk membuktikan kebenaran teorinya, mendel telah melakukan percobaan dengan membastarkan tanaman-tanaman yang mempunyai sifat beda. Tanaman yang pilih adalah tanaman kacang ercis(pivum sativum) karena tanaman tersebut muda melakukan penyerbukan silang, mudah didapatkan,  mudah untuk  hidup, mudah dipelihara, berumur pendek atau cepat berbuah dan terdapat jenis-jenis yang mempunyai sifat yang mencolok.
Beberapa kesimpulan penting tentang hasil percobaan mendel:
1)      Hibrid (hasil persilangan antara dua individu dengan tanda beda) memiliki sifat yang mirip dengan induknyadan setiap hibrid mempunyai sifat yang sama dengan hibrid yang lain dari spesies yang sama.
2)      Karakter atau sifat dari keturunan suatu hibrid selalu timbul kembali secara teratur dan ilmiah yang memberikan petunjuk kepada mendel.
3)      Mendel merasa bahwa faktor-faktor keturunan itu mengikuti distribusi yang logis, maka suatu hukum atau pola akan dapat diketahui dengan cara mengadakan banyak persilangan dan menghitung bentuk-bentuk yang berbeda.
F. Metode Pembelajaran
1.         Model Pembelajaran             :
a.    Saintifik
b.    Numbered Heads Together (NHT)
2.         Pendekatan                           :
Saintifik
3.         Metode Pembelajaran           :
a.    Percobaan/Eksperimen
b.    Ceramah
c.    Diskusi
d.    Tanya Jawab




G.    Media Pembelajaran
Papan tulis dan spidol


H.    Sumber Belajar
1.         Sukis Wariyono dkk. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar, Panduan Belajar IPA Terpadu untuk Kelas IX SMP/MTs. BSE. Jakarta : Pusat Perbukuan.
(Halaman : 71-78)
2.         http://myazkianurhidayah.blogspot.com/2016/10/rpp-pewarisan-sifat-kelas-9-smp.html?m=1

I.   Langkah-Langkah Pembelajaran

1.





























2.







































Pertemuan Pertama
Pendahuluan :
a.    Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
b.    Mengecek kerapian pakaian siswa.
c.    Berdoa setiap memulai kegiatan.
d.    Memberi motivasi belajar siswa sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
e.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu tentang pewarisan sifat
g.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti
Eksplorasi (mengamati, menanya)
a.       Guru memberikan informasi tentang materi genetic yang berperan dalam penurunan sifat  (konseptual).
b.      Peserta didik mencari cara untuk membuat  kegiatan tanya jawab (prosedural).
Elaborasi (mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan)
a.       Peserta didik dibagi kelompok praktikum.
b.      Setiap siswa  melaporkan hasil diskusinya
Konfirmasi
a.       Peserta didik diberi koreksi, catatan dan penekanan  atas paparannya oleh guru.
b.      Peserta didik diberi umpan balik yang positif dan penguatan materi oleh guru.
Penutup
a.    Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil yang diperoleh.
b.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
c.    Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian Penugasan Terstruktur (Terlampir) yang akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
d.    Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
e.    Berdoa setiap mengakhiri kegiatan.

Pertemuan Kedua
Pendahuluan :
a.    Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
b.    Mengecek kerapian pakaian siswa.
c.    Berdoa setiap memulai kegiatan.
d.    Memberi motivasi belajar siswa sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari tentang pewarisan sifat.
e.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, serta terkait dengan penugasan terstruktur pada pertemuan sebelumnya.
f.     Menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu pewarisan sifat.
g.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti
Eksplorasi (mengamati, menanya)
a.       Melalui studi pustaka peserta didik mencari materi tentang hereditas menurut mendel (faktual).
b.      Peserta didik melakukan  tanya jawab terkait materi hereditas menurut mendel.
Elaborasi (mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan)
a.       Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok kecil hasil rangkuman tentang hereditas menurut mendel.
b.      peserta didik mengumpulkan informasi (data) agar dapat dapat menjelaskan gejala-gejala alam yang berkaitan dengan teori kemagnetan bumi (Gejala Alam).
c.       Dengan mengacu pada hasil diskusi, setiap peserta didik menyempurnakan hasil rangkuman yang telah dibuat sebelumnya.
Konfirmasi
a.      Guru memberikan koreksi, catatan dan penekanan  materi hereditas menurut mendel hasil rangkuman peserta didik.
Penutup
a.    Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil yang diperoleh.
b.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
c.    Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
d.    Berdoa setiap mengakhiri kegiatan.



J.   Penilaian Hasil Belajar
1.    Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial)
a.         Jurnal

No.
Hari, Tanggal
Nama
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Keterangan (Spiritual/Sosial)
Penyelesaian
Tanda Tangan









































b.         Penilaian Diri
Penilaian Diri Sikap Spiritual
No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Saya selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.




2
Saya selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.




3
saya selalu memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.




4
Saya selalu bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.




5
Saya selalu menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.




Jumlah





Penilaian Diri Sikap Sosial (Percaya Diri)

No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Saya selalu berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




2
Saya selalu mampu membuat keputusan dengan cepat.




3
Saya tidak mudah putus asa.




4
Saya tidak pernah canggung dalam bertindak.




5
Saya selalu berani presentasi di depan kelas.




6
Saya selalu berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.




Jumlah





Rubrik Penilaian Diri Sikap Spriritual dan Sosial (Percaya Diri)

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

c.         Penilaian Antar Teman

Penilaian Antar Teman Sikap Spiritual

No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Teman saya selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.




2
Teman saya selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.




3
Teman saya selalu memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.




4
Teman saya selalu bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu




5
Teman saya selalu menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.




Jumlah





Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (Percaya Diri)

No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Teman saya selalu berpendapat  atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.




2
Teman saya selalu mampu membuat keputusan dengan cepat.




3
Teman saya tidak mudah putus asa.




4
Teman saya tidak pernah canggung dalam bertindak.




5
Teman saya selalu berani presentasi di depan kelas.




6
Teman saya selalu berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan .




Jumlah






2. Penilaian pengetahuan

a.         Tes Tertulis
b.         Penugasan Terstruktur (PT)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Soal
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.Mendeskrpisikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom).

Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi gen
Tes Tertulis
Uraian
Sebutkan jumlah kromosom pada berbagai jenis mahluk hidup
2. Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediet
Peserta didik dapat menjelaskan teori genetis
Penugasan
Penugasan Terstruktur (PT)

Carilah informasi dari studi pustaka tentang teori genetis!
3. Menentukan gamet dari genotip tertua
Peserta didik dapat menentukan genotip
Tes Tertulis

Uraian
Apakah yang dimaksud dengan genotip ?



4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


2.    Penilaian Pengetahuan
c.         Tes Tertulis
d.         Penugasan Terstruktur (PT)



Rubrik Penilaian Penugasan Terstruktur (PT)


Topik Kegiatan
Hari/ Tanggal   
Kelas

:
:
:
Pewarisan sifat
…………………………..
…………………………..

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Skor
Nilai
1
2
3
4
1







2







..







30




















Keterangan Aspek yang dinilai :
1.      Kelengkapan materi
2.      Gambar dan ilustrasi
3.      Kedalaman materi
4.      Kerapian dan estetika

Catatan : Skor tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik dan tepat

Pedoman Penilaian



-          tiap aspek yang dinilai. Skor maksimal 20.

Rubrik Lembar Observasi Diskusi


Topik Kegiatan
Hari/ Tanggal   
Kelas


:
:
:
Hereditas menurut mendel
…………………………..
…………………………..

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Skor
Nilai
1
2
3
4
5
1








2








..








30






















Keterangan Aspek yang dinilai :
  1. Mengajukan pertanyaan
  2. Menjawab pertanyaan
  3. Menyampaikan argumentasi
  4. Menerima pendapat
  5. Merefleksikan hasil diskusi
Catatan : Skor tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik dan tepat

Pedoman Penilaian           


-          Total skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor maksimal 25.


3.    Penilaian Keterampilan
a.         Tes Unjuk Kerja (Praktek)
b.         Teknik Lain

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Soal
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.         Menyebutkan hasil percobaan  mendel.
Peserta didik dapat membedakan hasil dari percobaan mendel
Teknik lain
LKS (Uraian)
Sebutkan dan jelaskan hasil dari percobaan mendel ?

2.         Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediet.
Peserta didik dapat menjelaskan sifat resesif dominan dan intermediet
Tes Unjuk Kerja (Praktek)

Uji Petik Kerja
Sifat turunan yang bisa diamati oleh mata adalah ?






Rubrik Lembar Observasi Praktek (Keterampilan)


Topik Kegiatan
Hari/ Tanggal   
Kelas

:
:
:
Cara menentukan sifat turunan
…………………………..
…………………………..
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Skor
Nilai

1
2
3
4

1








2








..








30





















Keterangan Aspek yang dinilai :
  1. Peserta didik dapat mempraktekkan tetapi belum benar.
  2. Peserta didik dapat mempraktekkan satu cara.
  3. Peserta didik dapat mempraktekkan dua cara.
  4. Peserta didik dapat mempraktekkan tiga cara.
Catatan : Skor tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik dan tepat

Pedoman Penilaian           


-          Total skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor maksimal 20.



Rubrik Lembar Penilaian Teknik Lain (Keterampilan)

NO. SOAL
KETERANGAN
SKOR
1.a
Ada jawaban tapi belum tepat
1

Jawaban benar tapi kurang lengkap
1,75

Jawaban benar dan lengkap
2,3
1.b
Ada jawaban tapi belum tepat
1

Jawaban benar tapi kurang lengkap
1,75

Jawaban benar dan lengkap
2,3
1.c
Ada jawaban tapi belum tepat
1

Jawaban benar tapi kurang lengkap
1,75

Jawaban benar dan lengkap
2,3
2.a
Ada jawaban tapi belum tepat
0,3

Jawaban benar tapi kurang lengkap
0,6

Jawaban benar dan lengkap
1
2.b
Ada jawaban tapi belum tepat
0,3

Jawaban benar tapi kurang lengkap
0,6

Jawaban benar dan lengkap
1


Jumlah Soal              : 2
Total skor                  : 10
Pedoman Penilaian   :









Mengetahui,
Kepala Sekolah




Susaryanto, S.Pd
NIY   : 970075

Yogyakarta, 20 september 2018
Guru Mata Pelajaran



Nona Hariyati Muchtar
NIM. 2015016009






























PENUGASAN TERSTRUKTUR

carilah informasi dari studi pustaka tentang kemagnetan bumi,
sudut inklinasi dan deklinasi!


 

LEMBAR KERJA SISWA
CARA MEMBUAT DAN MENGHILANGKAN SIFAT KEMAGNETAN

Kelompok       : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.             Sebutkan dan jelaskan cara membuat magnet        :
a.         ...................................
Alat dan bahan                   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja                    :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.        ...................................
Alat dan bahan                   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja                    :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.         ...................................
Alat dan bahan                   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja                    :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.             Sebutkan dan Jelaskan cara menghilangkan sifat kemagnetan:
a.         ...................................
Penjelasan   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.        ...................................
Penjelasan   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.         ...................................
Penjelasan   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LEMBAR KERJA SISWA

MEDAN MAGNET


Kelompok       : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................


Jawablah pertanyaan berikut ini!

1.      Apakah yang dimaksud dengan medan magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

2.      Apakah yang dimaksud dengan garis gaya magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

3.      Jelaskan bagaimana pola medan magnet dari kawat berarus listrik!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

4.      Apakah yang dimaksud dengan elektromagnetik?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

5.      Sebutkan tiga cara memperbesar medan magnet yang dihasilkan elektromagnet!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

6.      Sebutkan kegunaan elektromagnet dalam kehidupan sehari-hari!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS 8

RPP MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS 9

PROFIL SMP TAMAN DEWASA JETIS