RPP PEWARISAN SIFAT KELAS 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
Tema/Subtema
|
:
|
Pewarisan
sifat
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX /2
|
Materi
pokok
|
:
|
Pewarisan
sifat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
5JP (2 pertemuan)
|
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
B.
Kompetensi Dasar
2.2Mendeskripsikan konsep
pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3Mendeskripsikan
proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Mendeskrpisikan materi genetis
yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen kromosom)
2.
Membedakan pengertian sifat
resesif dominan dan intermediet
3.
Menentukan gamet dari genotip
tertua/induk
4.
Menentukan rasio hasil persilangan-persilangan
monohibrida dan dihibrida melalui bagan
Fokus
Penguatan Karakter
1.
Percaya Diri
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
proses pengamatan, pengumpulan informasi, diskusi dari gambar dan berbagai
sumber belajar maka siswa dapat:
I.
Mengetahui
materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat(kromosom, gen)
II.
Membedakan
pengertian sifat genotipe dan fenotipe
III.
Membedakan
pengertian sifat resesif dan dominan
E.
Materi Ajar
1.
Materi Reguler
a.
Genetis
Bagian tubuh yang paling
berperan terhadap pewarisan sifat dari
orangtua kepada anaknya adalah faktor pembawaan sifat keturunan seperti ada sel
tulang, sel darah, dan sel gamet. Substansi genetis tersebut terdapat di dalam
inti sel (nukleus), yaitu pada kromosom yang mengandung gen. Gen merupakan
substansi hereditas yang terdiri atas senyawa kimia tertentu, yang menentukan
sifat individu.
b.
Gen sebagai substansi hereditas
Gen-gen terletak pada kromosom secara
teratur dalam satu deretan secara linier dan lurus beraturan. Dengan
menggunakan simbol, kromosom dapat digambarkan sebagai garis panjang vertikal
dan gen-gen sebagai garis pendek yang horozontal.
c.
Kromosom sebagai pembawa sifat
individu
Kromosom dapat dilihat dengan
menggunakan mikroskop biasa pada sel-sel yang sedang membelah. Dalam sel yang
aktif melakukan metabolisme, kromosom-kromosom memanjang dan tidak tampak.
d.
Jumlah dan tipe kromosom.
Manusia mempunyai 46 kromosom dalam
setiap inti selnya, 23 kromosom berasal dari ibu dan 23 kromosom berasal dari
ayah. Mamusia memulai hidpnya berasal dari sebuah sel, yaitu sel telur yang
dibuahi oleh sel sperma.
e.
Struktur kromosom.
Secara garis
besar stuktur kromosom terdiri atas sentromer atau kinetokor adalah bagian dari
kromosom tempat melekatnya benang-benang spidel yang berperan menggerakan
kromosom selama proses pembelahan sel. Lengan atau badan kromosom adalah bagian
kromosom yang menganung kromonema(pita berbentuk spiral dalam kromosom) dan
gen. Selubung pembungkus kromonema disebut matriks.
2.
Hereditas menurut mendel.
Untuk membuktikan kebenaran teorinya, mendel
telah melakukan percobaan dengan membastarkan tanaman-tanaman yang mempunyai
sifat beda. Tanaman yang pilih adalah tanaman kacang ercis(pivum sativum)
karena tanaman tersebut muda melakukan penyerbukan silang, mudah
didapatkan, mudah untuk hidup, mudah dipelihara, berumur pendek atau
cepat berbuah dan terdapat jenis-jenis yang mempunyai sifat yang mencolok.
Beberapa kesimpulan penting tentang hasil
percobaan mendel:
1)
Hibrid
(hasil persilangan antara dua individu dengan tanda beda) memiliki sifat yang
mirip dengan induknyadan setiap hibrid mempunyai sifat yang sama dengan hibrid
yang lain dari spesies yang sama.
2)
Karakter
atau sifat dari keturunan suatu hibrid selalu timbul kembali secara teratur dan
ilmiah yang memberikan petunjuk kepada mendel.
3)
Mendel
merasa bahwa faktor-faktor keturunan itu mengikuti distribusi yang logis, maka
suatu hukum atau pola akan dapat diketahui dengan cara mengadakan banyak
persilangan dan menghitung bentuk-bentuk yang berbeda.
F. Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
a.
Saintifik
b.
Numbered Heads Together (NHT)
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode Pembelajaran :
a.
Percobaan/Eksperimen
b.
Ceramah
c.
Diskusi
d.
Tanya Jawab
G. Media Pembelajaran
Papan tulis dan spidol
H. Sumber Belajar
1.
Sukis Wariyono dkk. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar, Panduan
Belajar IPA Terpadu untuk Kelas IX SMP/MTs. BSE. Jakarta : Pusat Perbukuan.
(Halaman : 71-78)
2.
http://myazkianurhidayah.blogspot.com/2016/10/rpp-pewarisan-sifat-kelas-9-smp.html?m=1
I.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
2.
|
Pertemuan Pertama
Pendahuluan :
a.
Menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
b.
Mengecek kerapian pakaian siswa.
c.
Berdoa setiap memulai kegiatan.
d.
Memberi motivasi belajar siswa
sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
yaitu tentang pewarisan sifat
g.
Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti
Eksplorasi (mengamati, menanya)
a.
Guru memberikan informasi
tentang materi genetic yang berperan dalam penurunan sifat (konseptual).
b.
Peserta
didik mencari cara untuk membuat kegiatan tanya jawab (prosedural).
Elaborasi (mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan)
a. Peserta didik dibagi kelompok praktikum.
b. Setiap siswa melaporkan hasil
diskusinya
Konfirmasi
a. Peserta didik diberi koreksi, catatan dan penekanan atas paparannya oleh guru.
b. Peserta didik diberi umpan balik yang positif dan penguatan materi
oleh guru.
Penutup
a.
Mengevaluasi seluruh rangkaian
aktivitas pembelajaran dan hasil yang diperoleh.
b.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
c.
Melakukan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian Penugasan
Terstruktur (Terlampir) yang akan dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya.
d.
Menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
e.
Berdoa setiap mengakhiri
kegiatan.
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan :
a.
Menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
b.
Mengecek kerapian pakaian siswa.
c.
Berdoa setiap memulai kegiatan.
d.
Memberi motivasi belajar siswa
sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari tentang
pewarisan sifat.
e.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
serta terkait dengan penugasan terstruktur pada pertemuan sebelumnya.
f.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
yaitu pewarisan sifat.
g.
Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti
Eksplorasi (mengamati, menanya)
a. Melalui studi pustaka peserta didik mencari materi tentang hereditas
menurut mendel (faktual).
b. Peserta didik melakukan tanya
jawab terkait materi hereditas menurut mendel.
Elaborasi (mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan)
a. Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok kecil hasil rangkuman
tentang hereditas menurut mendel.
b.
peserta
didik mengumpulkan informasi (data) agar dapat dapat menjelaskan
gejala-gejala alam yang berkaitan dengan teori kemagnetan bumi (Gejala Alam).
c. Dengan mengacu pada hasil diskusi, setiap peserta didik
menyempurnakan hasil rangkuman yang telah dibuat sebelumnya.
Konfirmasi
a.
Guru memberikan koreksi,
catatan dan penekanan materi hereditas
menurut mendel hasil rangkuman peserta didik.
Penutup
a.
Mengevaluasi seluruh rangkaian
aktivitas pembelajaran dan hasil yang diperoleh.
b.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
c.
Menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
d.
Berdoa setiap mengakhiri
kegiatan.
|
J.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap (Spiritual
dan Sosial)
a.
Jurnal
No.
|
Hari, Tanggal
|
Nama
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Keterangan
(Spiritual/Sosial)
|
Penyelesaian
|
Tanda Tangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian
Diri
Penilaian Diri
Sikap Spiritual
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Saya selalu
berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya selalu
menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
|
|
|
|
|
3
|
saya selalu
memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
4
|
Saya selalu
bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
|
|
|
|
|
5
|
Saya selalu menghormati
orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Penilaian Diri Sikap Sosial (Percaya Diri)
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Saya selalu
berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
2
|
Saya selalu
mampu membuat keputusan dengan cepat.
|
|
|
|
|
3
|
Saya tidak
mudah putus asa.
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak
pernah canggung dalam bertindak.
|
|
|
|
|
5
|
Saya selalu
berani presentasi di depan kelas.
|
|
|
|
|
6
|
Saya selalu
berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Diri Sikap Spriritual dan
Sosial (Percaya Diri)
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
c.
Penilaian
Antar Teman
Penilaian Antar Teman Sikap Spiritual
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Teman saya
selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
|
|
|
|
|
2
|
Teman saya
selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya
selalu memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya
selalu bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya
selalu menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Penilaian Antar Teman Sikap Sosial
(Percaya Diri)
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Teman saya
selalu berpendapat atau melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu.
|
|
|
|
|
2
|
Teman saya selalu
mampu membuat keputusan dengan cepat.
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya
tidak mudah putus asa.
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya
tidak pernah canggung dalam bertindak.
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya
selalu berani presentasi di depan kelas.
|
|
|
|
|
6
|
Teman saya
selalu berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan .
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
2. Penilaian
pengetahuan
a.
Tes
Tertulis
b.
Penugasan
Terstruktur (PT)
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||
1.Mendeskrpisikan materi genetis yang
bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom).
|
Peserta
didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi gen
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Sebutkan
jumlah kromosom pada berbagai jenis mahluk hidup
|
2. Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan
intermediet
|
Peserta
didik dapat menjelaskan teori genetis
|
Penugasan
|
Penugasan Terstruktur (PT)
|
Carilah informasi dari studi pustaka tentang teori genetis!
|
3. Menentukan gamet dari genotip tertua
|
Peserta
didik dapat menentukan genotip
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Apakah
yang dimaksud dengan genotip ?
|
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
Penilaian Pengetahuan
c.
Tes
Tertulis
d.
Penugasan
Terstruktur (PT)
Rubrik Penilaian Penugasan Terstruktur
(PT)
Topik
Kegiatan
Hari/
Tanggal
Kelas
|
:
:
:
|
Pewarisan
sifat
…………………………..
…………………………..
|
|||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
..
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
30
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Keterangan
Aspek yang dinilai :
1.
Kelengkapan
materi
2.
Gambar
dan ilustrasi
3.
Kedalaman materi
4.
Kerapian dan estetika
|
Catatan
: Skor tiap aspek 1-5
1
= sangat kurang tepat
2
= kurang
3
= cukup
4
= baik
5
= sangat baik dan tepat
|
Pedoman Penilaian
-
tiap
aspek yang dinilai. Skor maksimal 20.
Rubrik Lembar Observasi Diskusi
Topik Kegiatan
Hari/
Tanggal
Kelas
|
:
:
:
|
Hereditas menurut
mendel
…………………………..
…………………………..
|
||||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Keterangan Aspek
yang dinilai :
|
Catatan : Skor
tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang
tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
dan tepat
|
Pedoman Penilaian
-
Total
skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor
maksimal 25.
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Tes
Unjuk Kerja (Praktek)
b.
Teknik
Lain
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||
1.
Menyebutkan hasil percobaan mendel.
|
Peserta didik dapat membedakan hasil dari
percobaan mendel
|
Teknik
lain
|
LKS (Uraian)
|
Sebutkan dan jelaskan hasil dari percobaan
mendel ?
|
2.
Membedakan pengertian sifat
resesif dominan dan intermediet.
|
Peserta didik dapat menjelaskan sifat
resesif dominan dan intermediet
|
Tes Unjuk Kerja (Praktek)
|
Uji Petik Kerja
|
Sifat turunan yang bisa diamati oleh mata adalah
?
|
Rubrik Lembar Observasi Praktek
(Keterampilan)
Topik Kegiatan
Hari/
Tanggal
Kelas
|
:
:
:
|
Cara menentukan
sifat turunan
…………………………..
…………………………..
|
|||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
..
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
30
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Keterangan Aspek
yang dinilai :
|
Catatan : Skor
tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang
tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
dan tepat
|
Pedoman Penilaian
-
Total
skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor
maksimal 20.
Rubrik Lembar Penilaian Teknik Lain
(Keterampilan)
NO. SOAL
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
1.a
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
1
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
1,75
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
2,3
|
1.b
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
1
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
1,75
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
2,3
|
1.c
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
1
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
1,75
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
2,3
|
2.a
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
0,3
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
0,6
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
1
|
2.b
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
0,3
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
0,6
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
1
|
Jumlah Soal :
2
Total skor :
10
Pedoman
Penilaian :
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Susaryanto, S.Pd
NIY : 970075
|
|
Yogyakarta, 20 september 2018
Guru Mata Pelajaran
Nona Hariyati Muchtar
NIM. 2015016009
|
PENUGASAN TERSTRUKTUR
carilah informasi dari studi pustaka tentang kemagnetan
bumi,
sudut inklinasi dan deklinasi!
LEMBAR KERJA SISWA
CARA MEMBUAT DAN
MENGHILANGKAN SIFAT KEMAGNETAN
Kelompok : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
Jawablah pertanyaan
berikut ini!
1.
Sebutkan dan jelaskan cara membuat magnet :
a.
...................................
Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
...................................
Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.
...................................
Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Sebutkan dan Jelaskan cara menghilangkan sifat kemagnetan:
a.
...................................
Penjelasan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
...................................
Penjelasan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.
...................................
Penjelasan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LEMBAR KERJA SISWA
MEDAN MAGNET
Kelompok : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Apakah yang dimaksud dengan medan
magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
2.
Apakah yang dimaksud dengan garis
gaya magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
3.
Jelaskan bagaimana pola medan
magnet dari kawat berarus listrik!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
4.
Apakah yang dimaksud dengan
elektromagnetik?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
5.
Sebutkan tiga cara memperbesar
medan magnet yang dihasilkan elektromagnet!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
6.
Sebutkan kegunaan elektromagnet
dalam kehidupan sehari-hari!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar