RPP MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS 9
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
Tema/Subtema
|
:
|
Bioteknologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX /1
|
Materi
pokok
|
:
|
Bioteknologi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6JP (2 pertemuan)
|
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup.
B.
Kompetensi Dasar
2.4.
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi
dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Mendefinisikan pengertian
bioteknologi.
2.
Mendeskripsikan keuntungan
pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.
Fokus
Penguatan Karakter
1.
Gotong royong
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian bioteknologi.
2.
Membedakan
bioteknologi konvensional dan bioteknologi moderen.
3.
Menjelaskan pemanfaatan
mikroorganisme dalam bioteknologi.
E.
Materi Ajar
1.
Materi Reguler
a.
Pengertian bioteknologi
Bioteknologi adalah pemanfaatan
prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan mahkluk hidup untuk menghasilkan produk
dan jasa guna untuk kepentingan manusia.
b.
Bioteknologi konvensional dan
modern
Bioteknologi konvensional merupakan
bioteknologi yang pemanfaatannya mikroorganisme untuk memproduksi alkohol, asam
asetat, gula atau bahan makanan seperti tempe, tape, oncom dan kecap.
Bioteknologi moderen adalah bioteknologi yang menggunakan DNA.
c. Pengolahan bahan makanan
susu
dapat diolah menjadi bentuk-bentuk baru
seperti yoghurt,keju dan mentega suntuk membuat yoghurt susu di pasteurisasi
terlebih dahulu, selanjutnya lemak di buang, mikroorganisme yang berperan dalam
pembuatan yoghurt adalah loctobacilus bulgaricus dan sterptococus
thermophillus. Dalam pembuatan keju digunakan bakteri asam laktat, yaitu lactobacillus
dan streptococus. Bakteri tersebut berfungsi untuk memfermentasikan
laktosa dalam susu menjadi asam laktat. Pembuatan mentega juga menggunakan
mikroorganisme yaitu sterptococcus lactis dan lectonostoceremoris.
Bakteri-bakteri tersebut membentuk proses pengasaman. Dalam pembuatan kecap
jamur yang berperan didalamnya adalah aspergillus oryzae. Untuk membuat
tempe selain di perlukan bahan dasar kedelai tetapi juga di perlukan ragi. Ragi
merupakan kumpulan spora mikroorganisme dalam hal ini adalah kapang. Jamur yang
berperan dalam pembuatan tempe adalah rhizopus orizae.
2.
Materi Pengayaan
Dampak
penerapan bioteknologi
Dampak
terhadap kesehatan, dampak terhadap lingkungan, dampak terhadap ekonomi dan
dampak terhadap etika.
1. Dampak Bioteknologi dapat Menyebabkan Alergi
Pada Teknologi
bioteknologi yang saat ini sedang mengalmi perkembangan dimana jenis jenis bioteknologi ada
langkah dalam pemekaian gen asing yang dimasukan ke dalam suatu organisme. Hal
ini akan kemudian menjadikan produk sebagai makanan yang akan dikonsumsi oleh
manusia. Pada penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan keluhan kesehatan
pada banyak orang maupun kepada orang – orang tertentu.
2. Kerusakan Ekosistem yang Merugikan Mahluk Lain
Pada penerapan teknologi bioteknologi
juga memiliki efek samping dimana dapat merusak habitat pada lingkungan hidup.
Pada bagian penerapan ini kemudian akan menjalar kepada kerusakan yang
terjadi di ekosistem. Pada tanaman yakni misalnya pada bunga matahari saat ini
telah banyak dilakukan rekayasa genetik dengan penerapan bioteknologi. Proses
ini akan menghasilkan panen yang dinilai memperoleh banyak jenis maupun
varietas yang unggul.
3. Tanaman
Menjadi Kerdil Sehingga Tidak Mampu Menghasilkan Panen
Pada tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis
palawija kemudian akan berperan sebagai tanaman pangan dengan jenis yang lain
jika tidak mendapat sentuhan pada bioteknologi. Proses ini dikenal dengan nama
proses transgenik dimana ada proses persilangan gen yang dilakukan untuk
mendapatkan jens unggul dan bernilai daya jual yang tinggi. Pada tumbuhan ini
kemudian akan terlihat morfologi yang berbeda. Pada tumbuhan dengan jenis yang
lain kemudian tidak akan mampu untuk melakuakan pertumbuhan dengan normal
karena bioteknologi. Pada tumbuhan juga
kemudian akan menjadi tanaman yang kerdil. Tanaman ini kemudian tidak
berkembang. Pada proses awal memang tanaman yang kerdil ada yang masih mampu
untuk menghasilkan buah. Namun banyak diantara tanaman tersebut yang lama –
kelamaan kemudian tidak akan mampu lagi untuk memproduksi hasil panen dalam
jumlah yang akan diharapkan.
4. Kemandulan Pada Hewan
Pada jenis hewan ternak yang biasa dikonsumsi
oleh manusia maupun tidak akan banyak beresiko untuk mengalami kemandulan. Hal
ini terjadi karena tanaman yang memiliki efek samping dari teknik bioteknologi
yang diterapkan yakni berupa transgenik akan memiliki efek yang buruk
diantarnya menjadi mandul. Pada hewan tersebut kemudian tidak lagi memiliki
kemampuan untuk menghasilkan anak maupun keturunannya.
F.
Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
a.
Saintifik
b.
Numbered Heads Together (NHT)
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode Pembelajaran :
a.
Percobaan/Eksperimen
b.
Ceramah
c.
Diskusi
d.
Tanya Jawab
G.
Media Pembelajaran
Media :
LCD
Laptop
H.
Sumber Belajar
1.
Sukis Wariyono dkk. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar, Panduan
Belajar IPA Terpadu untuk Kelas IX SMP/MTs. BSE. Jakarta : Pusat Perbukuan.
(Halaman : 93-106)
I.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan :
a.
Menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
b.
Mengecek kerapian pakaian siswa.
c.
Berdoa setiap memulai kegiatan.
d.
Memberi motivasi belajar siswa
sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
yaitu pengertian bioteknologi, menyebutkan macam-macam bioteknologi dan
dampak bioteknologi dalam berbagai bidang.
g.
Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti
Eksplorasi (mengamati, menanya)
a.
Peserta
didik mencari informasi bioteknologi melalui pengamatan (konseptual).
b.
Peserta
didik mencari cara untuk menyebutan contoh-contoh dari
bioteknologi melalui kegiatan tanya jawab (prosedural).
Elaborasi (mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan)
a. Peserta didik dibagi kelompok praktikum.
b. Setiap kelompok mempraktekan cara membuat tempe dll.
c. Perwakilan kelompok diminta mendemontrasikan cara membuat tempe (prosedural).
Konfirmasi
a. Peserta didik diberi koreksi, catatan dan penekanan atas paparannya oleh guru.
b. Peserta didik diberi umpan balik yang positif dan penguatan materi
oleh guru.
Penutup
a.
Mengevaluasi seluruh rangkaian
aktivitas pembelajaran dan hasil yang diperoleh.
b.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
c.
Melakukan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian Penugasan
Terstruktur (Terlampir) yang akan dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya.
d.
Menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
e.
Berdoa setiap mengakhiri
kegiatan.
|
J.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap (Spiritual
dan Sosial)
a.
Jurnal
No.
|
Hari, Tanggal
|
Nama
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Keterangan
(Spiritual/Sosial)
|
Penyelesaian
|
Tanda Tangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian
Diri
Penilaian Diri
Sikap Spiritual
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Saya selalu
berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya selalu
menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
|
|
|
|
|
3
|
saya selalu
memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
4
|
Saya selalu
bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
|
|
|
|
|
5
|
Saya selalu
menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Penilaian Diri Sikap Sosial (Percaya Diri)
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Saya selalu
berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
2
|
Saya selalu
mampu membuat keputusan dengan cepat.
|
|
|
|
|
3
|
Saya tidak
mudah putus asa.
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak
pernah canggung dalam bertindak.
|
|
|
|
|
5
|
Saya selalu
berani presentasi di depan kelas.
|
|
|
|
|
6
|
Saya selalu
berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Diri Sikap Spriritual dan
Sosial (Percaya Diri)
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
c.
Penilaian
Antar Teman
Penilaian Antar Teman Sikap Spiritual
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Teman saya
selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
|
|
|
|
|
2
|
Teman saya
selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya
selalu memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya
selalu bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya
selalu menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Penilaian Antar Teman Sikap Sosial
(Percaya Diri)
No
|
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Teman saya
selalu berpendapat atau melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu.
|
|
|
|
|
2
|
Teman saya
selalu mampu membuat keputusan dengan cepat.
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya
tidak mudah putus asa.
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya
tidak pernah canggung dalam bertindak.
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya
selalu berani presentasi di depan kelas.
|
|
|
|
|
6
|
Teman saya
selalu berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan .
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Antar Teman Sikap
Spriritual dan Sosial (Percaya Diri)
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Tes
Tertulis
b.
Penugasan
Terstruktur (PT)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||
1.
Mendefinisikan pengertian
bioteknologi.
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
bioteknologi.
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
Definisikan pengertian bioteknologi ?
|
2.
Mendeskripsikan keuntungan
pemanfaatan bioteknologi.
|
Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan
bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia.
|
Penugasan
|
Penugasan
Terstruktur (PT)
|
Carilah
informasi dari studi pustaka tentang bioteknologi
konvensional dan moderen!
|
Rubrik Penilaian Penugasan Terstruktur
(PT)
Topik
Kegiatan
Hari/
Tanggal
Kelas
|
:
:
:
|
Pengertian
bioteknologi
…………………………..
…………………………..
|
|||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
..
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
30
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Keterangan
Aspek yang dinilai :
1.
Kelengkapan
materi
2.
Gambar
dan ilustrasi
3.
Kedalaman materi
4.
Kerapian dan estetika
|
Catatan
: Skor tiap aspek 1-5
1
= sangat kurang tepat
2
= kurang
3
= cukup
4
= baik
5
= sangat baik dan tepat
|
Pedoman Penilaian


-
tiap
aspek yang dinilai. Skor maksimal 20.
Rubrik Lembar Observasi Diskusi
Topik Kegiatan
Hari/
Tanggal
Kelas
|
:
:
:
|
Menyebutkan
bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern
…………………………..
…………………………..
|
||||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Keterangan Aspek
yang dinilai :
|
Catatan : Skor
tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang
tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
dan tepat
|
Pedoman Penilaian


-
Total
skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor
maksimal 25.
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Tes
Unjuk Kerja (Praktek)
b.
Teknik
Lain
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||
1.
Menjelaskan cara membuat
bioteknologi konvensional dan modern.
|
Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat
bioteknologi konvensional dan modern.
|
Teknik
lain
|
LKS (Uraian)
|
Sebutkan dan jelaskan cara membuat
bioteknologi konvensional dan modern!
|
2.
Mendemontrasikan produk
bioteknologi modern
|
Peserta didik dapat menjelaskan produk
bioteknologi modern.
|
Tes Unjuk Kerja (Praktek)
|
Uji Petik Kerja
|
Carilah penemuan bioteknologi terkini!
|
Rubrik Lembar Observasi Praktek
(Keterampilan)
Topik Kegiatan
Hari/
Tanggal
Kelas
|
:
:
:
|
Cara Membuat
bioteknologi terkini
…………………………..
…………………………..
|
|||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
..
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
30
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Keterangan Aspek
yang dinilai :
|
Catatan : Skor
tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang
tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
dan tepat
|
Pedoman Penilaian


-
Total
skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor
maksimal 20.
Rubrik Lembar Penilaian Lembar kerja siswa
NO. SOAL
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
1.a
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
1
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
1,75
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
2,3
|
1.b
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
1
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
1,75
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
2,3
|
1.c
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
1
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
1,75
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
2,3
|
2.a
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
0,3
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
0,6
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
1
|
2.b
|
Ada
jawaban tapi belum tepat
|
0,3
|
|
Jawaban
benar tapi kurang lengkap
|
0,6
|
|
Jawaban
benar dan lengkap
|
1
|
Jumlah Soal :
2
Total skor :
10
Pedoman
Penilaian :


Mengetahui,
Kepala Sekolah
Susaryanto, S.Pd
NIY : 970075
|
|
Yogyakarta, 20september 2018
Guru Mata Pelajaran
Nona Hariyati Muchtar
NIM. 2015016009
|

PENUGASAN TERSTRUKTUR
carilah informasi dari studi pustaka tentang kemagnetan
bumi,
sudut inklinasi dan deklinasi!

LEMBAR KERJA SISWA
CARA MEMBUAT DAN
MENGHILANGKAN SIFAT KEMAGNETAN
Kelompok : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
Jawablah pertanyaan
berikut ini!
1.
Sebutkan dan jelaskan cara membuat magnet :
a.
...................................
Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
...................................
Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.
...................................
Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Sebutkan dan Jelaskan cara menghilangkan sifat kemagnetan:
a.
...................................
Penjelasan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
...................................
Penjelasan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.
...................................
Penjelasan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LEMBAR KERJA SISWA
MEDAN MAGNET
Kelompok : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Apakah yang dimaksud dengan medan
magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
2.
Apakah yang dimaksud dengan garis
gaya magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
3.
Jelaskan bagaimana pola medan
magnet dari kawat berarus listrik!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
4.
Apakah yang dimaksud dengan
elektromagnetik?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
5.
Sebutkan tiga cara memperbesar
medan magnet yang dihasilkan elektromagnet!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
6.
Sebutkan kegunaan elektromagnet
dalam kehidupan sehari-hari!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar