RPP MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS 9



                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP  Taman Dewasa Jetis Yogyakarta
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Alam
Tema/Subtema
:
Bioteknologi
Kelas/Semester
:
IX /1
Materi pokok
:
Bioteknologi
Alokasi Waktu
:
6JP (2 pertemuan)


A.      Standar Kompetensi
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

B.       Kompetensi Dasar
2.4. Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.


C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         Mendefinisikan pengertian bioteknologi.
2.         Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.

Fokus Penguatan Karakter
1.         Gotong royong

D.      Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bioteknologi.
2.         Membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi moderen.
3.         Menjelaskan pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi.

E.       Materi Ajar
1.         Materi Reguler
a.         Pengertian bioteknologi
Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan mahkluk hidup untuk menghasilkan produk dan jasa guna untuk kepentingan manusia.
b.        Bioteknologi konvensional dan modern
Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang pemanfaatannya mikroorganisme untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula atau bahan makanan seperti tempe, tape, oncom dan kecap. Bioteknologi moderen adalah bioteknologi yang menggunakan DNA.
              c.    Pengolahan bahan makanan
                 susu dapat diolah  menjadi bentuk-bentuk baru seperti yoghurt,keju dan mentega suntuk membuat yoghurt susu di pasteurisasi terlebih dahulu, selanjutnya lemak di buang, mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt adalah loctobacilus bulgaricus dan sterptococus thermophillus. Dalam pembuatan keju digunakan bakteri asam laktat, yaitu lactobacillus dan streptococus. Bakteri tersebut berfungsi untuk memfermentasikan laktosa dalam susu menjadi asam laktat. Pembuatan mentega juga menggunakan mikroorganisme yaitu sterptococcus lactis dan lectonostoceremoris. Bakteri-bakteri tersebut membentuk proses pengasaman. Dalam pembuatan kecap jamur yang berperan didalamnya adalah aspergillus oryzae. Untuk membuat tempe selain di perlukan bahan dasar kedelai tetapi juga di perlukan ragi. Ragi merupakan kumpulan spora mikroorganisme dalam hal ini adalah kapang. Jamur yang berperan dalam pembuatan tempe adalah rhizopus orizae.

2.         Materi Pengayaan
Dampak penerapan bioteknologi
          Dampak terhadap kesehatan, dampak terhadap lingkungan, dampak terhadap ekonomi dan dampak terhadap etika.
1. Dampak Bioteknologi dapat Menyebabkan Alergi
Pada Teknologi bioteknologi yang saat ini sedang mengalmi perkembangan dimana jenis jenis bioteknologi ada langkah dalam pemekaian gen asing yang dimasukan ke dalam suatu organisme. Hal ini akan kemudian menjadikan produk sebagai makanan yang akan dikonsumsi oleh manusia. Pada penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan keluhan kesehatan pada banyak orang maupun kepada orang – orang tertentu.
                        2. Kerusakan Ekosistem yang Merugikan Mahluk Lain
Pada penerapan teknologi bioteknologi juga memiliki efek samping dimana dapat merusak habitat pada lingkungan hidup. Pada bagian penerapan ini kemudian akan menjalar kepada kerusakan yang terjadi di ekosistem. Pada tanaman yakni misalnya pada bunga matahari saat ini telah banyak dilakukan rekayasa genetik dengan penerapan bioteknologi. Proses ini akan menghasilkan panen yang dinilai memperoleh banyak jenis maupun varietas yang unggul.
                        3. Tanaman Menjadi Kerdil Sehingga Tidak Mampu Menghasilkan Panen
Pada tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis palawija kemudian akan berperan sebagai tanaman pangan dengan jenis yang lain jika tidak mendapat sentuhan pada bioteknologi. Proses ini dikenal dengan nama proses transgenik dimana ada proses persilangan gen yang dilakukan untuk mendapatkan jens unggul dan bernilai daya jual yang tinggi. Pada tumbuhan ini kemudian akan terlihat morfologi yang berbeda. Pada tumbuhan dengan jenis yang lain kemudian tidak akan mampu untuk melakuakan pertumbuhan dengan normal karena bioteknologi. Pada tumbuhan juga kemudian akan menjadi tanaman yang kerdil. Tanaman ini kemudian tidak berkembang. Pada proses awal memang tanaman yang kerdil ada yang masih mampu untuk menghasilkan buah. Namun banyak diantara tanaman tersebut yang lama – kelamaan kemudian tidak akan mampu lagi untuk memproduksi hasil panen dalam jumlah yang akan diharapkan.
                        4. Kemandulan Pada Hewan
Pada jenis hewan ternak yang biasa dikonsumsi oleh manusia maupun tidak akan banyak beresiko untuk mengalami kemandulan. Hal ini terjadi karena tanaman yang memiliki efek samping dari teknik bioteknologi yang diterapkan yakni berupa transgenik akan memiliki efek yang buruk diantarnya menjadi mandul. Pada hewan tersebut kemudian tidak lagi memiliki kemampuan untuk menghasilkan anak maupun keturunannya.



F.       Metode Pembelajaran
1.         Model Pembelajaran             :
a.    Saintifik
b.    Numbered Heads Together (NHT)
2.         Pendekatan                           :
Saintifik
3.         Metode Pembelajaran           :
a.    Percobaan/Eksperimen
b.    Ceramah
c.    Diskusi
d.    Tanya Jawab

G.      Media Pembelajaran
Media            :
LCD
Laptop



H.      Sumber Belajar
1.         Sukis Wariyono dkk. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar, Panduan Belajar IPA Terpadu untuk Kelas IX SMP/MTs. BSE. Jakarta : Pusat Perbukuan.
(Halaman : 93-106)

I.         Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Pendahuluan :
a.    Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
b.    Mengecek kerapian pakaian siswa.
c.    Berdoa setiap memulai kegiatan.
d.    Memberi motivasi belajar siswa sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
e.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu pengertian bioteknologi, menyebutkan macam-macam bioteknologi dan dampak bioteknologi dalam berbagai bidang.
g.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti
Eksplorasi (mengamati, menanya)
a.       Peserta didik mencari informasi bioteknologi melalui pengamatan (konseptual).
b.      Peserta didik mencari cara untuk menyebutan contoh-contoh dari bioteknologi melalui kegiatan tanya jawab (prosedural).
Elaborasi (mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan)
a.       Peserta didik dibagi kelompok praktikum.
b.      Setiap kelompok mempraktekan cara membuat tempe dll.
c.       Perwakilan kelompok diminta mendemontrasikan cara membuat tempe (prosedural).
Konfirmasi
a.       Peserta didik diberi koreksi, catatan dan penekanan  atas paparannya oleh guru.
b.      Peserta didik diberi umpan balik yang positif dan penguatan materi oleh guru.
Penutup
a.    Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil yang diperoleh.
b.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
c.    Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian Penugasan Terstruktur (Terlampir) yang akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
d.    Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
e.    Berdoa setiap mengakhiri kegiatan.





J.        Penilaian Hasil Belajar
1.    Penilaian Sikap (Spiritual dan Sosial)
a.         Jurnal

No.
Hari, Tanggal
Nama
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Keterangan (Spiritual/Sosial)
Penyelesaian
Tanda Tangan









































b.         Penilaian Diri
Penilaian Diri Sikap Spiritual
No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Saya selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.




2
Saya selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.




3
saya selalu memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.




4
Saya selalu bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.




5
Saya selalu menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.




Jumlah





Penilaian Diri Sikap Sosial (Percaya Diri)

No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Saya selalu berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




2
Saya selalu mampu membuat keputusan dengan cepat.




3
Saya tidak mudah putus asa.




4
Saya tidak pernah canggung dalam bertindak.




5
Saya selalu berani presentasi di depan kelas.




6
Saya selalu berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.




Jumlah





Rubrik Penilaian Diri Sikap Spriritual dan Sosial (Percaya Diri)

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

c.         Penilaian Antar Teman

Penilaian Antar Teman Sikap Spiritual

No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Teman saya selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.




2
Teman saya selalu menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.




3
Teman saya selalu memberikan salam pada saat awal dan akhir kegiatan pembelajaran.




4
Teman saya selalu bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu




5
Teman saya selalu menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.




Jumlah





Penilaian Antar Teman Sikap Sosial (Percaya Diri)

No
Pertanyaan
1
2
3
4
1
Teman saya selalu berpendapat  atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.




2
Teman saya selalu mampu membuat keputusan dengan cepat.




3
Teman saya tidak mudah putus asa.




4
Teman saya tidak pernah canggung dalam bertindak.




5
Teman saya selalu berani presentasi di depan kelas.




6
Teman saya selalu berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan .




Jumlah






Rubrik Penilaian Antar Teman Sikap Spriritual dan Sosial (Percaya Diri)

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


2.    Penilaian Pengetahuan
a.         Tes Tertulis
b.         Penugasan Terstruktur (PT)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Soal
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.         Mendefinisikan pengertian bioteknologi.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bioteknologi.
Tes Tertulis
Uraian
Definisikan pengertian bioteknologi ?
2.         Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi.
Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia.
Penugasan
Penugasan Terstruktur (PT)

Carilah informasi dari studi pustaka tentang bioteknologi konvensional dan moderen!


Rubrik Penilaian Penugasan Terstruktur (PT)


Topik Kegiatan
Hari/ Tanggal   
Kelas

:
:
:
Pengertian bioteknologi
…………………………..
…………………………..

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Skor
Nilai
1
2
3
4
1







2







..







30




















Keterangan Aspek yang dinilai :
1.      Kelengkapan materi
2.      Gambar dan ilustrasi
3.      Kedalaman materi
4.      Kerapian dan estetika

Catatan : Skor tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik dan tepat



Pedoman Penilaian

 


-          tiap aspek yang dinilai. Skor maksimal 20.

Rubrik Lembar Observasi Diskusi


Topik Kegiatan
Hari/ Tanggal   
Kelas


:
:
:
Menyebutkan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern
…………………………..
…………………………..

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Skor
Nilai
1
2
3
4
5
1








2








..








30






















Keterangan Aspek yang dinilai :
  1. Mengajukan pertanyaan
  2. Menjawab pertanyaan
  3. Menyampaikan argumentasi
  4. Menerima pendapat
  5. Merefleksikan hasil diskusi
Catatan : Skor tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik dan tepat

Pedoman Penilaian           


-          Total skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor maksimal 25.


3.    Penilaian Keterampilan
a.         Tes Unjuk Kerja (Praktek)
b.         Teknik Lain

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Soal
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.         Menjelaskan cara membuat bioteknologi konvensional dan modern.
Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat bioteknologi konvensional dan modern.
Teknik lain
LKS (Uraian)
Sebutkan dan jelaskan cara membuat bioteknologi konvensional dan modern!

2.         Mendemontrasikan produk bioteknologi modern
Peserta didik dapat menjelaskan produk bioteknologi modern.
Tes Unjuk Kerja (Praktek)

Uji Petik Kerja
Carilah penemuan bioteknologi terkini!






Rubrik Lembar Observasi Praktek (Keterampilan)


Topik Kegiatan
Hari/ Tanggal   
Kelas

:
:
:
Cara Membuat bioteknologi terkini
…………………………..
…………………………..
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Skor
Nilai

1
2
3
4

1








2








..








30





















Keterangan Aspek yang dinilai :
  1. Peserta didik dapat menjalankan praktikum dengan baik.
  2. Peserta didik ikut terlibat dalam menjalankan praktikum 
  3. Peserta didik dapat melaporkan hasil dari praktikum .
  4. Peserta didik dapat menyimpulkan hasil dari praktikum.
Catatan : Skor tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik dan tepat

Pedoman Penilaian           


-          Total skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor maksimal 20.















Rubrik Lembar Penilaian Lembar kerja siswa

NO. SOAL
KETERANGAN
SKOR
1.a
Ada jawaban tapi belum tepat
1

Jawaban benar tapi kurang lengkap
1,75

Jawaban benar dan lengkap
2,3
1.b
Ada jawaban tapi belum tepat
1

Jawaban benar tapi kurang lengkap
1,75

Jawaban benar dan lengkap
2,3
1.c
Ada jawaban tapi belum tepat
1

Jawaban benar tapi kurang lengkap
1,75

Jawaban benar dan lengkap
2,3
2.a
Ada jawaban tapi belum tepat
0,3

Jawaban benar tapi kurang lengkap
0,6

Jawaban benar dan lengkap
1
2.b
Ada jawaban tapi belum tepat
0,3

Jawaban benar tapi kurang lengkap
0,6

Jawaban benar dan lengkap
1


Jumlah Soal              : 2
Total skor                  : 10
Pedoman Penilaian   :















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Susaryanto, S.Pd
NIY   : 970075

Yogyakarta, 20september 2018
Guru Mata Pelajaran




Nona Hariyati Muchtar
NIM. 2015016009

































































PENUGASAN TERSTRUKTUR

carilah informasi dari studi pustaka tentang kemagnetan bumi,
sudut inklinasi dan deklinasi!


 

LEMBAR KERJA SISWA
CARA MEMBUAT DAN MENGHILANGKAN SIFAT KEMAGNETAN

Kelompok       : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.             Sebutkan dan jelaskan cara membuat magnet        :
a.         ...................................
Alat dan bahan                   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja                    :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.        ...................................
Alat dan bahan                   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja                    :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.         ...................................
Alat dan bahan                   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Langkah Kerja                    :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.             Sebutkan dan Jelaskan cara menghilangkan sifat kemagnetan:
a.         ...................................
Penjelasan   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.        ...................................
Penjelasan   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.         ...................................
Penjelasan   :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LEMBAR KERJA SISWA

MEDAN MAGNET


Kelompok       : .....
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................


Jawablah pertanyaan berikut ini!

1.      Apakah yang dimaksud dengan medan magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

2.      Apakah yang dimaksud dengan garis gaya magnet?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

3.      Jelaskan bagaimana pola medan magnet dari kawat berarus listrik!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

4.      Apakah yang dimaksud dengan elektromagnetik?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

5.      Sebutkan tiga cara memperbesar medan magnet yang dihasilkan elektromagnet!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................

6.      Sebutkan kegunaan elektromagnet dalam kehidupan sehari-hari!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................................................................




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS 8

PROFIL SMP TAMAN DEWASA JETIS