RPP MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMP Taman Dewasa Jetis
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : VIII/1
Materi Pokok              : Usaha dan Pesawat Sederhana
Alokasi Waktu            : 3 Pertemuan (5 JP)

A.    Kompetensi Inti
KI-1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia.
3.3.1 Mengidentifikasi usaha yang bekerja pada sebuah benda.
3.3.2 Menjelaskan pengertian usaha yang bekerja pada sebuah benda.
3.3.3 Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana seperti katrol, roda berporos, bidang miring.
3.3.4 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.5 Menjelaskan keuntungan mekanik beberapa jenis pesawat sederhana.
3.3.6 Menjelaskan prinsip kerja pesawat  sederhana pada otot dan rangka manusia.
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

4.3.1    Mengamati cara kerja pesawat sederhana baik secara langsung maupun gambar dan video.
4.3.2    Melakukan percobaan dan mengidentifikasi mekanisme kerja pesawat sederhana serta hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
4.3.3    Melaporkan/ memaparkan hasil penyelidikan tentang manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Melalui pengamatan peserta didik dapat mengidentifikasi usaha yang bekerja pada sebuah benda.
2.      Melalui pengamatan peserta didik dapat menjelaskan pengertian usaha yang bekerja pada sebuah benda.
3.      Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi jenis pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Melalui pengamatan peserta didik dapat menjelaskan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan 2
1.      Melalui pengamatan peserta didik dapat mengetahui persamaan dari pesawat sederhana jenis tuas.
2.      Melalui kegiatan percobaan sederhana peserta didik dapat mengelompokkan jenis-jenis tuas.
3.      Melalui kegiatan mengamati dan diskusi peserta didik dapat mengetahui dari keuntungan mekanik pesawat sederhana jenis tuas.
Pertemuan 3
1.      Melalui kegiatan mengamati peserta didik mampu mengidentifikasi kerja pesawat sederhana dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
2.      Melalui kegiatan mengamati peserta didik mampu menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia.
D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pengertian usaha dan jenis-jenis pesawat sederhana
2.      Contoh-contoh dari jenis pesawat sederhana di lingkungan sekitar
Pertemuan 2
1.      Jenis-jenis tuas
2.      Contoh jenis-jenis tuas
3.      Persamaan dan keuntungan mekanis pesawat sederhana jenis tuas
Pertemuan 3
1.      Penerapan kerja dan pesawat sederhana pada kerja otot struktur rangka manusia




E.     Pendekatan/ Model/ Metode Pembelajaran
1. Pendekatan       : Pendekatan EEK (Ekplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi)
2. Model                : Model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams                                Achievement Division)
3.Metode               : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

F.     Media Pembelajaran
Media Pembelajaran : LCD (PPT), Laptop, dan gambar berbagai pesawat sederhana.

G.    Sumber Belajar
1.      Zubaidah, Siti, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Edisi Revisi 2017. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2×40 Menit)
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Rincian Kegiatan
Waktu

Kegiatan Pendahuluan

a.       Guru memberikan salam dan mengkondisikan kelas serta membimbing peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran serta mempresensi kehadiran peserta didik.
b.      Guru menyampaikan apersepsi dengan cara menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari mengenai materi usaha dan pesawat sederhana. (Fase 1)
d.      Guru menyampaikan cakupan materi yang diajarkan yaitu mengenai pengertian usaha, jenis-jenis pesawat sederhana, dan contoh-contoh pesawat sederhana yang ada di lingkungan sekitar.
10 menit

Kegiatan Inti



a.     Guru menyampaikan informasi mengenai usaha dan pesawat sederhana. (Fase 2)
b.    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok secara heterogen. (Fase 3)
c.    Guru memberikan tugas siswa . (Eksplorasi)
d.    Guru membimbing diskusi tiap kelompok dan menanyakan kesulitan. (Fase 4) (Konfirmasi)
e.    Guru memberikan kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan yang sudah dilakukan dan kelompok lain menanggapinya serta guru memastikan semua kelompok telah melaksanakan kegiatan dan tugas dengan benar. (Fase 5)
f.     menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (Elaborasi)
g.    Guru memberikan klarifikasi hasil presentasi siswa. (Konfirmasi)
60 menit

Kegiatan Penutup

a.      Guru bersama-sama peserta didik membuat rangkuman pembelajaran
b.        Guru memberikan penilaian kognitif untuk menentukan KKM maupun proses sebagai refleksi kegiatan yang dilakukan
c.       Guru memberikan refleksi, evaluasi dan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran baik materi maupun jalannya presentasi
(Fase 6)
d.      Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
e.      Guru menutup pelajaran dengan salam.
10 menit

Pertemuan 2 (2×40 Menit)
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Rincian Kegiatan
Waktu

Kegiatan Pendahuluan

a.      Guru memberikan salam dan mengkondisikan kelas serta membimbing peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran serta mempresensi kehadiran peserta didik.
b.      Guru menyampaikan apersepsi dengan cara menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
c.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari mengenai materi usaha dan pesawat sederhana. (Fase 1)
d.      Guru menyampaikan cakupan materi yang diajarkan yaitu mengenai jenis-jenis tuas, contoh jenis-jenis tuas, dan persamaan serta keuntungan mekanik jenis tuas.
10 menit

Kegiatan Inti



a.    Guru menyampaikan informasi mengenai  jenis-jenis tuas, contoh jenis-jenis tuas, dan persamaan serta keuntungan mekanik jenis tuas. (Fase 2)
b.   Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok secara heterogen. (Fase 3)
c.    Guru memberikan tugas siswa . (Eksplorasi)
d.   Guru membimbing diskusi tiap kelompok dan menanyakan kesulitan. (Fase 4) (Konfirmasi)
e.    Guru memberikan kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan yang sudah dilakukan dan kelompok lain menanggapinya serta guru memastikan semua kelompok telah melaksanakan kegiatan dan tugas dengan benar. (Fase 5)
f.     menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (Elaborasi)
g.   Guru memberikan klarifikasi hasil presentasi siswa. (Konfirmasi)
60 menit

Kegiatan Penutup

a.    Guru bersama-sama peserta didik membuat rangkuman pembelajaran
b.   Guru memberikan penilaian kognitif untuk menentukan KKM maupun proses sebagai refleksi kegiatan yang dilakukan
c.    Guru memberikan refleksi, evaluasi dan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran baik materi maupun jalannya presentasi
    (Fase 6)
d.   Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
e.    Guru menutup pelajaran dengan salam.
10 menit
Pertemuan 3 (2×40 Menit)
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Rincian Kegiatan
Waktu

Kegiatan Pendahuluan

a.    Guru memberikan salam dan mengkondisikan kelas serta membimbing peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran serta mempresensi kehadiran peserta didik.
b.   Guru menyampaikan apersepsi dengan cara menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari mengenai materi usaha dan pesawat sederhana. (Fase 1)
d.   Guru menyampaikan cakupan materi yang diajarkan yaitu mengenai penerapan kerja dan pesawat sederhana pada kerja otot struktur rangka manusia.

10 menit

Kegiatan Inti



a.     Guru menyampaikan informasi mengenai  penerapan kerja dan pesawat sederhana pada kerja otot struktur rangka manusia. (Fase 2)
b.   Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok secara heterogen. (Fase 3)
c.    Guru memberikan tugas siswa . (Eksplorasi)
d.   Guru membimbing diskusi tiap kelompok dan menanyakan kesulitan. (Fase 4) (Konfirmasi)
e.    Guru memberikan kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan yang sudah dilakukan dan kelompok lain menanggapinya serta guru memastikan semua kelompok telah melaksanakan kegiatan dan tugas dengan benar. (Fase 5)
f.     menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (Elaborasi)
g.   Guru memberikan klarifikasi hasil presentasi siswa. (Konfirmasi)
60 menit

Kegiatan Penutup

a.    Guru bersama-sama peserta didik membuat rangkuman pembelajaran
b.   Guru memberikan penilaian kognitif untuk menentukan KKM maupun proses sebagai refleksi kegiatan yang dilakukan
c.    Guru memberikan refleksi, evaluasi dan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran baik materi maupun jalannya presentasi
    (Fase 6)
d.   Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya
e.    Guru menutup pelajaran dengan salam.
10    enit

I.       Penilaian

1.      Teknik penilaian
a.       Tes tulis
b.      Penugasan
c.       Pengamatan sikap
2.      Bentuk instrumen
a.       Tes uraian
b.      Lembar observasi diskusi
c.       Lembar pengamatan sikap dan rubric

Bentuk instrumen

a.    Penilaian Hasil Belajar

Indikator
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.    Mengidentifikasi usaha yang bekerja pada sebuah benda
 Tes tertulis
Soal
1. Dayu menarik sebuah gerobak berisi pasir dengan gaya sebesar 500 N sehingga gerobak tersebut berpindah sejauh 10 m. Berdasarkan pernyataan tersebut, besar usaha yang dilakukan Dayu adalah ?
2.    Menjelaskan pengertian usaha yang bekerja pada sebuah benda
 Tes tertulis
       Soal
1.      Sebutkan apa yang dimaksud usaha yang bekerja pada sebuah benda !
3.   Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana seperti katrol, roda berporos, bidang miring
  Tes tertulis
       Soal
1.    Sebutkan 3 benda yang menerapkan prinsip bidang miring !
4.      Menjelaskan keuntungan mekanik beberapa jenis pesawat sederhana
Tes tertulis
       Soal
1.   Rumah Dayu terdapat tangga yang panjangnya 8 meter, sedangkan ketinggiannya adalah 4 meter. Berapa keuntunan mekanik dari penggunaan tangga tersebut ?
5.   Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
Tes tertulis
       Soal
1.   Jelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada saat seseorang mengangkat barbel !



Nilai = Jumlah skor benar tiap soal × 5
 
 



·      Jumlah soal ada 5 butir dan skor benar untuk setiap satu soal adalah 2.
·       Nilai maksimal adalah 10








Kunci jawaban :
1.      Diketahui :
F   : 500 N
Ditanya usaha yang dilakukan Bayu (W) ?
Jawab :
W =  F.
    =  500 N.10 m
    =  5000 J
2.      Usaha yang bekerja pada suatu benda merupakan besarnya energi yang digunakan gaya untuk memindahkan suatu benda.
3.      Benda yang menerapkan prinsip bidang miring diantaranya tangga, sekrup, dan pisau.
4.      Diketahui :
Panjang tangga (l) : 8 meter
Tinggi tangga (h)  : 4 meter
Ditanya KM bidang miring =  
                                            = 
                                                  = 2
5.      Prinsip kerja pesawat sederhana pada saat seseorang mengangkat barbel yaitu pada saat mengangkat telapak tangan yang menggenggam barbel berperan sebagai gaya beban, titik tumpu berada pada siku (sendi di antara lengan atas dan lengan bawah ), dan kuasanya adalah lengan bawah. Titik tumpu berada di antara lengan beban dan kuasa, oleh karena itu lengan disebut sebagai pesawat sederhan pengungkit jenis ketiga.


b.   Rubrik Lembar Observasi Diskusi

Topik Kegiatan     : Usaha dan Pesawat Sederhana
Hari/Kelas             : ………………………….
Kelas                     : ………………………….

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Total Skor
Nilai
1
2
3
4
5
1.








2.








3.








4.

















Keterangan Aspek yang dinilai :
1.      Mengajukan pertanyaan
2.      Menjawab pertanyaan
3.      Menyampaikan argumentasi
4.      Menerima pendapat
5.      Merefleksi hasil diskusi

Catatan : Skor tiap aspek 1-5
1 = sangat kurang tepat
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik dan tepat
Nilai = Skor tiap aspek × 4
 
Pedoman Penilaian :

·      Total skor adalah jumlah skor tiap aspek yang dinilai. Skor maksimal 25
·      Batas Kelulusan ditetapkan 75 %, dengan skor 75% × 25 = 19




c.    Lembar pengamatan Sikap Sosial

No
Nama peserta didik / kelompok
Cermat
Rasa ingin tahu
Tanggung Jawab
NA
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1














2














3














N















Rubrik penilaian
Peserta didik memperoleh skor :   
4 = Jika empat indikator terlihat
3 = Jika tiga indikator terlihat
2 = Jika indikator terlihat
1 = Jika satu indikator terlihat
Indikator penilaian sikap :
Cermat
1)      Mendengarkan instruksi guru dengan baik
2)      Memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru
3)      Tekun dalam melakukan kegiatan pembelajaran
4)      Mampu mengerjakan tugas sesuai dengan prosedur
Rasa ingin tahu
1)      Selalu aktif bertanya kepada guru
2)      Memperhatikan penjelasan guru
3)      Mencoba melakukan tugas-tugas yang diberikan
4)      Mencari informasi untuk memperjelas materi yang belum dimengerti
Tanggung jawab
1)      Melaksanakan tugas dari guru dengan baik
2)      Berperan aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
3)      Mampu mengajukan usul pemecahan masalah
4)      Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Nilai akhir sikap diperoleh berdasarkan modus (skor yang sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori sikap :
Sangat baik     : Apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik                 : Apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup             : Apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang                        : Apabila memperoleh nilai akhir 1

















Komentar

  1. Casino - DrmCD
    Casino · Sports · Casino · Hotel · Casino Resort · Hotel and Casino · Games 양주 출장안마 · Contact Us. The following are 용인 출장마사지 known Casino locations. · Hollywood, 여수 출장안마 CA Mar 청주 출장마사지 21, 2022Dwight YoakamJan 26, 2022John FogertyJan 29, 2022Jamey 여수 출장마사지 Johnson

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS 9

PROFIL SMP TAMAN DEWASA JETIS