PROFIL FKIP UST






PROFIL FKIP UST
            Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) didirikan pada tanggal 15 November 1955, oleh Bapak Pendidikan Nasional Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Pada saat didirikan, UST Yogyakarta merupakan sebuah Lembaga Kursus B1 (satu) yang dirancang untuk mempersiapkan calon guru. Setelah pengurus yayasan mengadakan rapat beberapa kali penandatanganan Akte pendirian Yayasan Sarjanawiyata Tamansiswa di depan Notaris, R. M. Wiranto di Yogyakarta.
            Kegiatan yang pertama kali dilakukan adalah mempersiapkan berdirinya Fakultas Pendidikan/Keguruan yang dibuka dengan “Pendidikan dan Filsafat” di Pendopo Agung Tamansiswa pada bulan Oktober 1960. Tamansiswa mendapat tambahan sebutan Universitas, sehingga namanya menjadi Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa (UST).
            Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 034/SK/BAN-PT/Akred/2014 tanggal 16 Januari 2014, Institus UST telah terakreditasi dengan nilai B.
            Saat ini UST memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Psikologi (FPsi), dan Direktorat Pasca Sarjana. FKIP merupakan Fakultas tertua dan mengelola Sembilan program studi, yang semuanya telah terakreditasi.
Program Studi di FKIP dan Status Akreditasi
1.      Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) terakreditasi B
2.      Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) terakreditasi B
3.      Pendidikan Seni Rupa (PSR) terakreditasi B
4.      Pendidikan Matematika (P.MAT) terakreditasi B
5.      Pendidikan Fisika (P.FIS) terakreditasi A
6.      Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P.IPA) terakreditasi B
7.      Pendidikan Teknik Mesin (PTM) terakreditasi A
8.      Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) terakreditasi B
9.      Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (A)
Mulai tahun 2018 FKIP UST telah mendapatkan izin dari Kemenristekdikti untuk melaksanakan Program Profesi Guru (PPG) dengan SK nomor : 871/KPT/I/2018.

VISI DAN MISI

Visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UST Yogyakarta dan Ilmu Pendidikan UST Yogyakarta disusun selaras dengan visi, misi, tujuan, sasaran Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Penyusunannya melibatkan pakar, stakeholder (dosen, pejabat, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dan tenaga kependidikan). Tahapan penyusunan diawali dengan pembentukan Tim Penyusunan Visi Misi FKIP UST degan SK Dekan No. 07/UST/FKIP/Dekan/II/2014 yang anggotanya terdiri atasunsur pimpinan universitas, pimpinan fakultas, para ketua ProgramStudi, anggota senat fakultas.
Salah satu tugas Tim adalah menjaring aspirasi dari mahsiswa, alumni, tenaga kependidikan, dosen, dan pengguna lulusan. Dalam menjaring aspirasi dilakukan melalui pertemuan-pertemuan dan sarasehan secara intensif. Selain itu Tim juga mengundang  para pakar untuk memberikan masukan-masukan serta pemikiran merekaberkaitan dengan visi, misi FKIP UST yang akan dirumuskan. Masukan-masukan dari berbagai sumber tersebut dijadikan pertimbangan untuk merumuskan draf  visi dan misi fakultas. Selanjutnya, draf tersebut akan dibawa ke dalam rapat senat untuk dibahas danmendapatkan persetujuan, selanjutnya ditetapkan oleh dekan.
Pengertian unggul dalam hal ini adalah lebih dari yang lain, FKIP UST dalam menyiapkan pendidik, yaitu dengan menerapkan ajaran Tamansiswa dalam penyelenggaraan Caturdharma. Dengan demikian lulusan FKIP UST memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh lulusan dari LPTK yang lain. Ajaran Tamansiswa meliputi konsep mendidik dengan system yang menerapkan pembelajaran dengan system among dan Tri N (Niteni, nirokke, nambahi). Proses pendidikan dan pembelajaran di FKIP dilaksanakan secara rasa dan karsa sehingga akan menghasilkan pendidik yang berkarakter, dengan suci hati, tanpa menuntut suatu hak, mengabdi kapada sang anak. FKIP UST menyiapkan lulusan yang berkepribadian (sesuai dengan harapan KI hadjar Dewantara, kemerdekaan, kebangsaan, kebudayaan bangasa sendiri) dan berkompetensi untuk memenuhi berbagai permasalahan di bidang Pendidikan keguruan.

Keunggulan FKIP UST pada setiap aspek adalah sebagai berikut

1.      Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan
Penyelenggaraan pendidikan di FKIP UST dilaksanakan dengan menginternalisasi ajaran Tamansiswa dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang lain. Menggunakan kurikulum yang diselaraskan dengan KKNI yang memanfaatkan kemutakhiran ilmu pengetahuan yang dilaksanakan pada setiap prodi di FKIP.
a.       Membekali mahasiswa agar menguasai konsep dasar kependidikan beerdasarkan ajaran Tamansiswa.
b.      Membekali mahasiswa agar menguasai perkembangan dan karakteristik peserta didik sesuai ajaran Tamansiswa.
c.       Membekali mahasiswa agar menguasai pengelolaan administrasi pendidikan dan pengajaran.
d.      Proses pembelajaran menggunakan system among dan berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning).
e.       Mengintegrasikan pembudayaan luhur dalam pelaksanaan pembelajarn.
f.       Pembelajaran menggunakan prinsip niteni, niroke, nambahi.
2.      Unggul dalam pelaksanaan peneliti dan publikasi untuk menngkatkan mutu pendidikan berdasaran ajaran Tamansiswa.
3.      Unggul dalampelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil kajian dan penelitian dengan mengimplimintasikan ajaran Tamansiswa.
4.      Unggul dalam pengembangan kebudayaan nasional dengan memetri, memajukan dan memperkaya kebudayaan nasional agar menjadi pelopor dalam berkehidupan bermasyarakat dengan menerapkan pendidikan Multikultural.
5.      Unggul dalam pengembangan kerjasama dengan intansi dalam dan luar negeri berdasarkan ajaran Tamansiswa.

            Pelaksanaan kegiatan Caturdharma untuk mencapai Visi FKIP UST dijabarkan dalam rencana strategis (Renstra) Tahun 2015-2029 (SK No.11/UST/FKIP/Dekan/X/2014 tentang Rencana Strategi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UST) dengan jabaran waktu yang jelas sehingga keberhasilan ketercapaian visi, misi dapatbterukur dengan berorientasi ke masa depan.
            Misi tersebut mencakup pengertian sebagai berikut :
1.      Menyelenggarakan pendidikan keguruan yang unggul berdasarkan ajaran Tamansiswa.
2.      Menyelenggarakan penelitian dalam bidang kependidikan, sains, teknologi, seni dan budaya serta mempublikasikan hasilnya.
3.      Menyelanggarakan pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan sebagai implementasi keilmuan dan mempublikasikannya.
4.      Menyelenggarakan pembudayaan luhur sesuai ajaran Tamansiswa.
5.      Menyelenggarakan kerjasama dengan instasi lain baik dalam maupun luar negeri.
6.      Menghasilkan pendidik dalam bidang Sains, Teknologi, Seni-budaya yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, professional, dan berjiwa kebangsaan.
7.      Menghasilkan karya penelitian, kajian dan publikasi karya ilmiah ditingkat nasional dan internasional yang berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan bidang kependidikan, ilmu pengetahuan dibidang sains, teknologi, dan seni-budaya.
8.      Menghasilkan pengelolaan kepada masyarakat berbasis pendidikan, sains, teknologi, dan seni-budaya yang bermanfaat bagi masyarakat.
9.      Mewujudakan masyarakat tertib damai, salam dan bahagia melaui pembudayaan luhur.
10.  Menghasilkan program-program kerjasama dengan berbagai institusi yang saling memberi manfaat dengan instasi dalam dan luar negeri.
                              
Visis, Misi, dan Tujuan FKIP akan dicapai dengan tahapan-tahapan yang teradapat dalam Strategi Pencapaian dan Renstra FKIP. Tahap I (2015-2019). Tahap II (2020-2014) dan Tahap III (2025-2029).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS 8

RPP MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS 9

PROFIL SMP TAMAN DEWASA JETIS