PROFIL FKIP UST
PROFIL
FKIP UST
Universitas
Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) didirikan pada tanggal 15 November 1955, oleh
Bapak Pendidikan Nasional Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Pada saat didirikan,
UST Yogyakarta merupakan sebuah Lembaga Kursus B1 (satu) yang dirancang untuk
mempersiapkan calon guru. Setelah pengurus yayasan mengadakan rapat beberapa
kali penandatanganan Akte pendirian Yayasan Sarjanawiyata Tamansiswa di depan
Notaris, R. M. Wiranto di Yogyakarta.
Kegiatan
yang pertama kali dilakukan adalah mempersiapkan berdirinya Fakultas
Pendidikan/Keguruan yang dibuka dengan “Pendidikan dan Filsafat” di Pendopo
Agung Tamansiswa pada bulan Oktober 1960. Tamansiswa mendapat tambahan sebutan
Universitas, sehingga namanya menjadi Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa (UST).
Berdasarkan
Keputusan BAN-PT No. 034/SK/BAN-PT/Akred/2014 tanggal 16 Januari 2014, Institus
UST telah terakreditasi dengan nilai B.
Saat
ini UST memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(FKIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE),
Fakultas Psikologi (FPsi), dan Direktorat Pasca Sarjana. FKIP merupakan
Fakultas tertua dan mengelola Sembilan program studi, yang semuanya telah
terakreditasi.
Program Studi di FKIP dan Status
Akreditasi
1.
Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) terakreditasi B
2.
Pendidikan
Bahasa Inggris (PBI) terakreditasi B
3.
Pendidikan
Seni Rupa (PSR) terakreditasi B
4.
Pendidikan
Matematika (P.MAT) terakreditasi B
5.
Pendidikan
Fisika (P.FIS) terakreditasi A
6.
Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Alam (P.IPA) terakreditasi B
7.
Pendidikan
Teknik Mesin (PTM) terakreditasi A
8.
Pendidikan
Kesejahteraan Keluarga (PKK) terakreditasi B
9.
Pendidikan
Guru dan Sekolah Dasar (A)
Mulai
tahun 2018 FKIP UST telah mendapatkan izin dari Kemenristekdikti untuk
melaksanakan Program Profesi Guru (PPG) dengan SK nomor : 871/KPT/I/2018.
VISI
DAN MISI
Visi,
misi, tujuan dan sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UST Yogyakarta
dan Ilmu Pendidikan UST Yogyakarta disusun selaras dengan visi, misi, tujuan,
sasaran Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Penyusunannya
melibatkan pakar, stakeholder (dosen,
pejabat, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dan tenaga kependidikan). Tahapan
penyusunan diawali dengan pembentukan Tim Penyusunan Visi Misi FKIP UST degan
SK Dekan No. 07/UST/FKIP/Dekan/II/2014 yang anggotanya terdiri atasunsur
pimpinan universitas, pimpinan fakultas, para ketua ProgramStudi, anggota senat
fakultas.
Salah
satu tugas Tim adalah menjaring aspirasi dari mahsiswa, alumni, tenaga
kependidikan, dosen, dan pengguna lulusan. Dalam menjaring aspirasi dilakukan
melalui pertemuan-pertemuan dan sarasehan secara intensif. Selain itu Tim juga
mengundang para pakar untuk memberikan
masukan-masukan serta pemikiran merekaberkaitan dengan visi, misi FKIP UST yang
akan dirumuskan. Masukan-masukan dari berbagai sumber tersebut dijadikan
pertimbangan untuk merumuskan draf visi
dan misi fakultas. Selanjutnya, draf tersebut akan dibawa ke dalam rapat senat
untuk dibahas danmendapatkan persetujuan, selanjutnya ditetapkan oleh dekan.
Pengertian
unggul dalam hal ini adalah lebih dari yang lain, FKIP UST dalam menyiapkan
pendidik, yaitu dengan menerapkan ajaran Tamansiswa dalam penyelenggaraan
Caturdharma. Dengan demikian lulusan FKIP UST memiliki karakteristik yang tidak
dimiliki oleh lulusan dari LPTK yang lain. Ajaran Tamansiswa meliputi konsep
mendidik dengan system yang menerapkan pembelajaran dengan system among dan Tri
N (Niteni, nirokke, nambahi). Proses pendidikan dan pembelajaran di FKIP
dilaksanakan secara rasa dan karsa sehingga akan menghasilkan pendidik yang
berkarakter, dengan suci hati, tanpa menuntut suatu hak, mengabdi kapada sang
anak. FKIP UST menyiapkan lulusan yang berkepribadian (sesuai dengan harapan KI
hadjar Dewantara, kemerdekaan, kebangsaan, kebudayaan bangasa sendiri) dan
berkompetensi untuk memenuhi berbagai permasalahan di bidang Pendidikan
keguruan.
Keunggulan
FKIP UST pada setiap aspek adalah sebagai berikut
1.
Unggul
dalam penyelenggaraan pendidikan
Penyelenggaraan
pendidikan di FKIP UST dilaksanakan dengan menginternalisasi ajaran Tamansiswa
dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang lain. Menggunakan kurikulum yang
diselaraskan dengan KKNI yang memanfaatkan kemutakhiran ilmu pengetahuan yang
dilaksanakan pada setiap prodi di FKIP.
a.
Membekali
mahasiswa agar menguasai konsep dasar kependidikan beerdasarkan ajaran
Tamansiswa.
b.
Membekali
mahasiswa agar menguasai perkembangan dan karakteristik peserta didik sesuai
ajaran Tamansiswa.
c.
Membekali
mahasiswa agar menguasai pengelolaan administrasi pendidikan dan pengajaran.
d.
Proses
pembelajaran menggunakan system among dan berpusat pada mahasiswa (Student Centered
Learning).
e.
Mengintegrasikan
pembudayaan luhur dalam pelaksanaan pembelajarn.
f.
Pembelajaran
menggunakan prinsip niteni, niroke, nambahi.
2.
Unggul
dalam pelaksanaan peneliti dan publikasi untuk menngkatkan mutu pendidikan
berdasaran ajaran Tamansiswa.
3.
Unggul
dalampelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil kajian dan
penelitian dengan mengimplimintasikan ajaran Tamansiswa.
4.
Unggul
dalam pengembangan kebudayaan nasional dengan memetri, memajukan dan memperkaya
kebudayaan nasional agar menjadi pelopor dalam berkehidupan bermasyarakat
dengan menerapkan pendidikan Multikultural.
5.
Unggul
dalam pengembangan kerjasama dengan intansi dalam dan luar negeri berdasarkan
ajaran Tamansiswa.
Pelaksanaan
kegiatan Caturdharma untuk mencapai Visi FKIP UST dijabarkan dalam rencana
strategis (Renstra) Tahun 2015-2029 (SK No.11/UST/FKIP/Dekan/X/2014 tentang
Rencana Strategi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UST) dengan jabaran
waktu yang jelas sehingga keberhasilan ketercapaian visi, misi dapatbterukur
dengan berorientasi ke masa depan.
Misi
tersebut mencakup pengertian sebagai berikut :
1.
Menyelenggarakan
pendidikan keguruan yang unggul berdasarkan ajaran Tamansiswa.
2.
Menyelenggarakan
penelitian dalam bidang kependidikan, sains, teknologi, seni dan budaya serta
mempublikasikan hasilnya.
3.
Menyelanggarakan
pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan sebagai implementasi keilmuan
dan mempublikasikannya.
4.
Menyelenggarakan
pembudayaan luhur sesuai ajaran Tamansiswa.
5.
Menyelenggarakan
kerjasama dengan instasi lain baik dalam maupun luar negeri.
6.
Menghasilkan
pendidik dalam bidang Sains, Teknologi, Seni-budaya yang bertaqwa kepada Tuhan
YME, berbudi pekerti luhur, professional, dan berjiwa kebangsaan.
7.
Menghasilkan
karya penelitian, kajian dan publikasi karya ilmiah ditingkat nasional dan
internasional yang berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan bidang
kependidikan, ilmu pengetahuan dibidang sains, teknologi, dan seni-budaya.
8.
Menghasilkan
pengelolaan kepada masyarakat berbasis pendidikan, sains, teknologi, dan
seni-budaya yang bermanfaat bagi masyarakat.
9.
Mewujudakan
masyarakat tertib damai, salam dan bahagia melaui pembudayaan luhur.
10. Menghasilkan program-program kerjasama
dengan berbagai institusi yang saling memberi manfaat dengan instasi dalam dan
luar negeri.
Visis,
Misi, dan Tujuan FKIP akan dicapai dengan tahapan-tahapan yang teradapat dalam
Strategi Pencapaian dan Renstra FKIP. Tahap I (2015-2019). Tahap II (2020-2014)
dan Tahap III (2025-2029).
Komentar
Posting Komentar